Manfaat Daging Belut Bagi Kesehatan

Ada banyak makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang, dan olahan belut salah satunya. Belut diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, atau dibuat keripik. Secara keseluruhan, rasanya sama enak dan lezatnya dengan ikan. …

manfaat belut bagi kesehatan

Ada banyak makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang, dan olahan belut salah satunya. Belut diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, atau dibuat keripik. Secara keseluruhan, rasanya sama enak dan lezatnya dengan ikan. Ternyata ciri-ciri daging belut tidak hanya enak, tapi juga sangat baik untuk kesehatan, seperti berikut ini.

Tinggi Protein

Seperti daging biasa, belut juga tinggi protein. Padahal, jika kita makan satu porsi belut, kita sudah bisa memenuhi asupan protein harian kita sebanyak 20 gram.

Melihat fakta tersebut, sangat disarankan agar anak-anak, remaja dan ibu hamil mengonsumsi belut karena kandungan proteinnya yang tinggi mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk janin dalam kandungan. Kehadiran protein juga berkontribusi pada kesehatan otot dan saraf tubuh.

Kalori Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Belut juga mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Kehadiran kalori tersebut tentunya akan menunjang kesehatan fisik yang baik.

Namun demikian, kandungan kalori yang tinggi dari daging belut mencegah kita untuk tidak sengaja memakannya dengan nasi atau sumber karbohidrat lain untuk mencegah penambahan berat badan atau efek kesehatan lainnya.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat belut adalah menjaga kesehatan kulit. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A yang membantu menghilangkan racun dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Itu membuat kulit lembut dan kenyal dengan mempertahankan kelembaban. Dengan cara ini, Anda juga bisa mencegah kulit kering.

Kandungan protein dalam belut juga membantu dalam regenerasi sel kulit, sehingga memperbaiki lapisan kulit.

Mencegah anemia

Meski tidak secara langsung, kandungan vitamin dan mineral pada belut juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dan mencegah penyakit.

Kandungan vitamin B12, asam folat, dan zat besi pada belut dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk anemia.

Hal yang sama berlaku untuk asam folat dan zat besi. Ketiganya termasuk nutrisi yang membantu pembentukan sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Belut mengandung mineral kalsium dan fosfor serta vitamin D, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tidak hanya pertumbuhan tulang dan gigi, mineral kalsium fosfor dan vitamin D juga membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) dan pembentukan email gigi.

Selain itu, kandungan vitamin A pada belut dapat membantu pembentukan dentin (lapisan keras di bawah permukaan gigi) yang meningkatkan kekuatannya.

Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

Makan belut dalam jumlah sedang dan menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan potasium dalam belut mengangkut oksigen ke otak dan merangsang aktivitas saraf. Ini membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, belut juga mengandung mineral fosfor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Kandungan omega-3 dalam belut juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat belut adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini karena kandungan vitamin B di dalamnya.

Tidak hanya itu, kandungan magnesium dalam belut juga dapat meredakan sembelit dengan cara mengendurkan otot usus dan melunakkan feses.

Protein tinggi yang terkandung dalam belut juga berperan dalam regenerasi sel-sel di saluran pencernaan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Belut mengandung berbagai vitamin yang menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jurnal Nature Review Immunology menyatakan bahwa vitamin A dan D dalam makanan telah terbukti secara positif mempengaruhi respon sistem kekebalan tubuh.

Jaga kesehatan mata Anda

Gangguan penglihatan atau penyakit mata sering dikaitkan dengan asupan vitamin A yang tidak mencukupi.

Untuk mencegahnya, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti belut, dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A yang berpotensi mendukung kesehatan mata.

Jaga kesehatan otak Anda

Vitamin B dan potasium dalam belut juga mendukung kesehatan otak.

Vitamin B6 merangsang fungsi neurotransmitter dan memiliki efek positif pada kesehatan mental dan kognisi.

Demikian tadi berbagai manfaat Belut bagi manusia. Semoga bisa menambah informasi dan wawasan sobat tani semua.

Referensi:

sehatq

dkkp

 

Leave a Comment