Hama Pada Tanaman Cabe dan Cara Mengatasinya

Di musim kemarau serangan dari berbagai jenis hama biasanya semakin meningkat. Termasuk juga pada tanaman Cabe. Hama-hama tersebut terbagi menjadi beberapa macam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba belajar …

Hama pada Tanaman Caabe

Di musim kemarau serangan dari berbagai jenis hama biasanya semakin meningkat. Termasuk juga pada tanaman Cabe. Hama-hama tersebut terbagi menjadi beberapa macam yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba belajar mengenai berbagai macam serangan tersebut dan bagaimana cara pengendaliannya.

Seperti yang telah saya jelaskan di awal tadi Pada kesempatan kali ini kita akan belajar berbagai macam jenis serangan hama pada tanaman cabe antara lain daun keriting . Dan mencoba membahas tiga macam Penyebab daun cabe menjadi keriting:
pertama disebabkan oleh trips
kedua disebabkan oleh tungau
ketiga disebabkan oleh virus Gemini

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE SECARA HIDROPONIK

Berikut Pembahasannya :

Hama Thrips

Jadi kita akan langsung pada pembahasan yang pertama. Jadi teman-teman bisa lihat ini salah satu contoh tanaman yang terkena contoh yang paling mudah dikenali adalah daun yaitu melengkungnya ke atas ke atas tidak lurus berbeda dengan yang normal yakni yang contoh yang normal.

Jadi sebenarnya bentuk trips sangat kecil dan masih bisa dilihat secara kasat mata kareana warnanya itu sedikit kehitaman.

Bentuknya seperti kutu kecil. Dia akan berjalan secara pelan-pelan dan bersembunyi di bawah daun atau berjalan di sekitar ruas-ruas daun.

Kalau Tanaman sudah ada bunganya biasanya bersembunyi di dalam bunga. Terkadang juga ada di bagian Pupus, biasanya di bagian pupus ini sangat banyak berkumpul.

Kemudian dia akan menyerap atau menyedot saripati dari daun tersebut kemudian akan menimbulkan gerakan daun melengkung.

Hal ini Akan berdampak pada proses fotosintesis yang kemudian pertumbuhan tanaman juga akan sedikit terhambat. Oleh sebab itu penanganan sejak dini mungkin itu sangat diperlukan khususnya di musim kemarau. Untuk obatnya kita biasanya menggunakan bahan yang berbahan aktif ABAMECTIN.

Hama Tungau

Yang kedua disebabkan oleh tungau, untuk serangan tungau sendiri ciri khasnya itu adalah daunnya melengkung ke bawah . Namun tidak menutup kemungkinan itu ada kombinasi ciri seperti kombinasi Daun melengkung keatas dan kebawah.

Ini lebih susah untuk kita amati, warnanya itu hampir menyerupai seperti daun jadi warnanya adalah putih semi kekuningan.Jadi warnanya tidak terlalu jelas kemudian bentuknya juga tidak terlalu terlihat secara kasat mata.

Biasanya di bagian bawah daun kemudian di sekitar dibawah tulang daun seperti Kemudian untuk cara penanganannya untuk tungau sendiri itu biasanya menggunakan akarisida untuk bahan aktifnya biasanya jenis bahan aktif PIRIDABEN, kemudian AMITRAZ dan lain sebagainya.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE RAWIT HASIL MELIMPAH

Gemini Virus

Jenis yang ketiga itu adalah yang paling familiar dan paling mudah untuk mengidentifikasinya. Dia adalah penyakit kuning atau geminivirus gejala awalnya warnanya sudah tidak normal di bagian pupus sudah cenderung Semburat ke Kuningan.

Biasanya dimulai dari Pupus jadi di bagian tengah terlebih dahulu kemudian akan menjalar ke bagian bawah.
Namun demikian, Nanti secara seluruhnya hampir setiap bagian dari tanaman itu mengalami kuning. Kalau tidak kita antisipasi nanti akan menjadi kuning secara permanen.

Jadi virus kuning ini sendiri ini disebabkan oleh beberapa faktor yang pertama bisa dari faktor genetik. Jadi bibitnya sudah terinfeksi virus secara otomatis ketika benih tersebut tumbuh nanti akan langsung diserang oleh virus Gemini.

Selain itu, virus itu bisa dibawa oleh vektor-vektor. vektor adalah pembawa yang nantinya akan memasukkan virus ke dalam tanaman.

Pencegahan Serangan Virus Gemini

1. Pembawa dari virus Gemini ini biasanya jenis kutu-kutuan sejenis kutu kebul dan lain sebagainya. Jadi yang kita bisa kendalikan adalah vektor nya bagaimana vektor itu tidak menyebar ke tanaman lain.
2. Jangan Menanam tanaman baru didekat tanaman tua, hal ini akan mengakibatkan cepatnya penyebaran virus Gemini.
3. Iklim, Di iklim panas biasanya tanaman terserang kuning . Jadi perbedaan dataran Antara dataran tinggi dengan dataran rendah nantinya reaksi virus kuningnya akan jauh berbeda.
Tanaman yang ditanam di dataran rendah itu nanti akan lebih banyak terserang dibanding yang di tanaman dataran tinggi.
4. Pemupukan. Kemudian pemupukan juga sangat berpengaruh pemupukan yang banyak mengandung nitrat atau nitrogen itu akan lebih condong atau lebih parah nanti serangan Virus nya , karena secara struktur tanaman itu akan menjadi lebih gurih untuk sejenis kutu-kutuan jadi nanti akan lebih disukai oleh kutu-kutuan ya.

Cara Penanganan

Karena meskipun sudah terkena kuning ini dapat diantisipasi, tanaman supaya daunnya tidak terlalu kuning yang kencang kita lemaskan.

kemudian bagaimana tanaman yang kuning itu masih tetap berproduktivitas seperti layaknya tanaman normal.
Karena menurut berbagai penelitian yang telah kita lakukan kita dapat meminimalisir hal-hal tersebut sahabat petani semua.

Mungkin itu dulu yang bisa kami bahas Pada kesempatan kali ini jadi saya ulang kembali keriting itu setidaknya disebabkan oleh tiga macam yang pertama disebabkan oleh tungau, yang kedua disebabkan oleh trip, kemudian yang selanjutnya disebabkan oleh virus Gemini.
Semoga informasi ini dapat menambah wawasan sobat tani semua, yang ingin budidaya Cabe .

Refferensi:

Mitra Bertani

Leave a Comment