Cara Menghilangkan Hama Putih Pada Tanaman

Halo teman-teman, Sobat tani semua kali ini kita akan membahas tentang pestisida organik yang ampuh mengatasi berbagai jenis hama pada tanaman sobat semua seperti kutu putih atau kutu kebul  dan hama thrips penyebab keriting daun …

Cara Mengatasi Hama Kupu Putih pada Semua Tanaman

Halo teman-teman, Sobat tani semua kali ini kita akan membahas tentang pestisida organik yang ampuh mengatasi berbagai jenis hama pada tanaman sobat semua seperti kutu putih atau kutu kebul  dan hama thrips penyebab keriting daun dan berbagai hama yang sangat merugikan yang lainnya.

Kita bisa membuatnya dengan yang 100% organic tanpa biaya atau gratis. Nah Seperti apa pestisida organik tersebut kita akan segera membahasnya.

Nah teman-teman inilah salah satu bahan yang saya maksud yang sangat ampuh untuk mengusir hama atau bahkan membasmi hama pada tanaman kita.

Tembakau

Bahan yang pertama adalah tembakau yang mengandung nikotin yang aromanya sangat kuat dan bisa mengusir atau bahkan membunuh hama baik hama thrips.

Hama kutu kebul maupun hama ulat yang ada pada tanaman kita tetapi bagi sebagian orang untuk memperoleh tembakau harus mengeluarkan biaya karena harus dibeli.

Namun demikian, sesuai dengan janji saya tembakau bisa digantikan dengan puntung rokok. Puntung rokok juga masih terdapat sisa-sisa tembakau yang mengandung nikotin dan juga masih sangat kuat sangat ampuh untuk digunakan sebagai pestisida untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman kita.

Nasi Sisa

Bahan yang kedua adalah nasi sis. Nasi sisa ini adalah nasi Seharusnya sudah dibuang karena tidak dapat dikonsumsi lagi, tetapi saya manfaatkan untuk membuat pestisida yang sangat ampuh untuk mengusir hama kutu kebul pada tanaman kita.

Kita dapat saja menggunakan bahan tunggal dari tembakau lewat puntung rokok ini.

Tetapi dengan menggunakan tembakau ini ada beberapa hal yang kurang menguntungkan yang pertama bagi sebagian orang terutama Bau tembakau ini kurang disukai.

Kemudian yang kedua pada penggunaan terhadap sayur-sayuran ataupun buah-buahan yang siap petik tanpa dikupas tentu saja aroma kurang sedap untuk dicium.
Sehingga perlu dikombinasikan dengan pemakaian pestisida dari nasi sisa agar Buah ataupun sayur-sayuran yang terbebas dari bau tembakau.

Cara Pembuatan

Pestisida Nari Nasi Sisa

Kita mulai dengan membuat pestisida dari nasi sisa. Untuk pestisida dari nasi sisa sangat sederhana cara pembuatannya:

Cukup nasi sisanya sebanyak 1 mangkok kemudian kita masukkan ke dalam botol. Botol yang digunakan adalah botol berukuran setengah liter atau satu liter disesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian isi botol sampai nasi terendam dengan air. Air yang digunakan dapat dengan air biasa, air minum atau air sumur.

Setelah itu Kita Diamkan selama 2 sampai 5 hari dan setelah 5 sampai 7 hari maka pestisida dari nasi sisa ini siap untuk digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa dalam perendaman nasi setiap hari harus dibuka tutup botolnya untuk mengeluarkan gas hasil fermentasi.

BACA JUGA : CARA MENGUSIR TIKUS PALING AMPUH

Pestisida Tembakau

Kemudian untuk puntung rokok ini cukup kita Rendam dengan air sumur biasa selama 1 malam sebelum kita gunakan.

Tetapi untuk mempersingkat waktu kita bisa menggunakan air mendidih. Jika menggunakan air mendidih kita rendam Cukup selama 2 jam dan setelah 2 jam kita saring lalu rendaman puntung rokoknya sudah menjadi pestisida yang siap digunakan untuk membasmi hama thrips maupun hama kutu kebul pada tanaman kita.

Dalam Praktiknya saya akan menggunakan toples untuk merendam puntung rokoknya dimaksudkan untuk rokoknya ini kira-kira 2 genggam.

Bagi teman-teman Sobat Tani yang punya tembakau bisa juga menggunakan tembakau. Tembakau yang digunakan kurang lebih 100 gram atau 1 ons.

Kemudian kita gunakan air mendidih, sebetulnya kita rendam lalu kita aduk kita aduk aduk terus sampai air rendaman nya berubah menjadi coklat seperti warna air teh.

Kita aduk-aduk dan kita Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Oke teman-teman sekarang sudah lewat dari 2 jam kita mendiamkan rendaman tembakau pada puntung rokok ini dan ini sudah sangat pekat warnanya, berarti bahwa nikotin nya sudah terekstrak dengan sempurna.

Sekarang kita akan saring dan di sini ada wadah dan saringan Nah akhirnya pestisida dari tembakau nya sudah siap.

Kemudian juga kita akan menyaring air rendaman nasi sisa yang sudah kita Diamkan selama 7 Ini akan saya saring dengan saringan lain.
Nah inilah air rendaman nasi sisa yang sudah menjadi pestisida organik yang sangat bagus kemudian ini juga akan saya masukkan ke dalam botol.
Nah, teman-teman kedua pestisida organik ini sudah jadi dan sudah siap kita gunakan.

Kita menggunakannya secara Bergantian aplikasinya ya, bukan dengan dicampurkan. Karena kalau dicampurkan itu sama saja karena bau tembakaunya akan mencemari pestisida dari nasi basi.

perlu teman-teman simak dengan baik cara pemberiannya yang akan menentukan keberhasilan dari penggunaan kedua pestisida ini.

Secara kombinasi saya akan menunjukkan caranya untuk menggunakan larutan pestisida ini pada tanaman terlebih dahulu kita harus campur dengan air.

Untuk air sebanyak 1 liter kita berikan larutan pestisida dari tembakau sebanyak 30 sampai 40 ML. Itu berarti seperempat gelas kurang kalau menggunakan tutup botol kira-kira 3 sampai 4 tutup botol air mineral. Setelah itu kita masukkan ke dalam sprayer Dan kita semprotkan pada tanaman.

Semprotkan pada tanaman yang mengalami serangan hama kutu kebul. Kita semprot sampai basah dan merata ke permukaan batang dan daun yang terserang.
Ini kita semprot selama 5 hari berturut-turut setiap sore hari.

Sebaiknya kita semprot pada sore hari selama 5 hari berturut-turut untuk mengusir kutu kebul yang menempel pada daun.

BACA JUGA : CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR BERKUALITAS TINGGI

Pada tanaman lain seperti tanaman cabe yang terserang hama trip menyebabkan daunnya menjadi keriting ini juga sama kita semprot selama 5 hari berturut-turut setiap sore.
Nah disinilah manfaat kombinasi dengan pestisida dari nasi dan tembakau. Menggunakan pestisida Nasi basi Karena pada saat cabe ini akan dipetik supaya tidak tercemar dengan bau tembakau.

Maka kita semprot hanya selama tiga hari berturut-turut dengan pestisida tembakau dan 2 hari sisanya kita Semprot dengan menggunakan pestisida dari nasi sisa sehingga pada saat hari kelima sudah tidak ada lagi bau tembakau dan cabe yang akan kita panen itu sudah aman dari bau tembakau.

Daun cabe yang sudah terbebas dari hama thrips daunnya tidak keriting lagi dan apabila sudah terlanjur kering, nanti akan tumbuh daun baru yang tidak keriting lagi. Sehingga tanaman cabe ini akan lebih sehat dari sebelumnya.

Sobat tani itulah informasi yang dapat saya bagikan kali ini tentang pestisida dari tembakau dan nasi sisa yang dapat dikombinasikan untuk mengusir hama kutu kebul hama thrips penyebab daun keriting dan hama lainnya pada tanaman kita semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian salam organik.

Referensi:

ALAM ORGANIK

Leave a Comment