Cara Menanam Binahong Merah

Apa kabar sahabat Tani semua mudah-mudahan sehat selalu. Pada hari ini saya akan membahas tentang cara menanam tanaman Binahong merah. Binahong merupakan tanaman obat yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai …

Cara Menanam Binahong

Apa kabar sahabat Tani semua mudah-mudahan sehat selalu. Pada hari ini saya akan membahas tentang cara menanam tanaman Binahong merah.
Binahong merupakan tanaman obat yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.
Salah satunya iyalah Binahong merah ini yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Nah disini akan saya tanam si Binahong merah ini bersaman dengan Binahong hijau.Binahong ada juga yang hijau ya sobat tani.
Tanaman Binahong merupakan tanaman yang menjalar ya sahabat. Sebagai tanaman obat, biasanya binahong ini dikonsumsi dengan cara direbus daunnya. Namun ada juga yang mengkonsumsinya dari umbi yang terdapat pada batang yang menjalar ini ya sahabat.
Ok setelah ini kita akan membahas bagaimana cara menamam binahong merah ini dengan batang dan juga dari biji. Tanaman herbal yang satu ini proses budidaya penanamannya cukup mudah ya sahabat.

Proses Pembudidayaan

Persiapan Lokasi

Kita tentukan terlebih dahulu lokasi tanamnya ya sahabat, dengan catatan lokasi yang kita pilih memiliki kondisi tanah yang subur, tercakup sinar matahari, dan dekat dengan sumber air agar memudahkan kita dalam proses penyiraman.

Media Tanam

Langsung di tanah

Gali lubang pada tanah yang telah ditentukan dengan kedalaman 20-30 cm. Kemudian isi lah lubang tersebut dengan pupuk dasar untuk pupuknya sendiri saya sarankan untuk menggunakan pupuk organik ya sahabat.

Dengan Wadah

Siapkan wadah/tempat menanam (polybag, pot, kaleng bekas, dsb). Polibag/pot harus diberi lubang di bagian bawahnya.

Agar lubang tersebut tidak tersumbat tanah dan menggangu keluarnya air maka dapat di Masukkan batu-batu kecil di bagian paling bawah.

isilah polibag/pot dengan media tanam berupa pasir, kompos dan sekam dengan perbandingan 2 % kompos 1 % pasir 1 % hingga 3/4 nya.

Setelah bibit Binahong memiliki daun 3 – 5 helai dapat di pindahkan ke dalam polibag/pot.

Caranya: Buat lubang terlebih dulu di polibag/pot. Ambil bibit beserta tanah di sekitar akarnya. Masukkan bibit binahong ke lubang dengan posisi tegak lurus ya, tambahkan tanah di sekitarnya.

Letakkan polibag/pot di tempat yang teduh. Setelah tumbuh daun baru, letakkan polibag/pot di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung.

Bibit Binahong

Dari Batang

Siapkanlah bibit Binahong yang akan ditanam dengan ukuran batang minimal 10 cm. Selanjutnya pindahkan bibit tersebut ke dalam lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian timbun akar dan batang bibit Binahong dengan tanah dan siram lah bibit tersebut dengan air.

Dari Biji

Jika hendak menanam binahong dari bijinya kita bisa melakukan beberapa perlakuan, antara lain seperti ini ya sobat tani.

Perendaman

Rendam biji Binahong (Piahong) dengan air hangat (suhu 35-45 C) selama 8 jam. Gunakan air yang bersih dan terbebas dari bakteri ya sobat tani air bisa direbus dahulu dan diamkan sampai dingin. Rendamlah bibit binahong selama 8 jam dengan suhu air antara 30-45 0 C.

Air matang adalah air yang sudah direbus dan dapat diminum langsung ya sobat tani. Kemudian Tiriskan/entaskan dan di angin-anginkan sampai kering dari air.

Germinasi

Siapkan tisu/handuk/kertas untuk wadah germinasi. Lembabkan menggunakan air sprayer halus. Air untuk melembabkan sebaiknya air kemasan atau air matang.

Ambil beberapa benih dan letakkan di atas tisu/handuk/kertas yang telah disediakan. Masukkan tisu/handuk/kertas yang sudah diletakkan bibit binahong ke dalam kantong plastik dan tutup atau ikat dengan rapat.

Letakkan kantong plastik di tempat teduh. Cek tiap hari ya sob, jaga kondisi kelembabanya di level sedang saja.

Pada Umumnya setelah 4-10 hari Biji Binahong (Piahong) mulai berkecambah. Jika kecambahnya mencapai 0,8 – 1,9 cm, pindahkan ke media semai.

Penyemaian

Siapkan wadah penyemaian (berupa nampan, potray, kaleng bekas, dsb) . Pastikan juga wadah penyemaian tidak tergenang air ya saat di siram karena bisa mengakibatkan bibit membusuk.

Komposisi media yang digunakan seperti diatas tadi ya sob. Kemudian Masukkan benih Binahong yang bertunas ke media semai dengan kedalaman 1 – 2 cm.

Ketika Sebagian tunasnya sudah mulai muncul di permukaan tanah. Semprotkan air dengan menggunakan sprayer. Bisa dilakukan sehari 2 kali disesuaikan dengan kondisi media tanam nya ya sob.
Pindahkan lah ke tempat yang teduh tapi masih terkena sinar secara tidak langsung.

Kondisi kelembaban media juga harus dipastikan dalam keadaan sedang-sedang saja. Setelah bibit binahong memilliki 2 – 5 helai daun itu artinya sudah siap untuk di tanam di lokasi budidaya ya sobat tani.

Media Tumbuh

Pemberian ajir atau rambatan. Tanaman binahong ini sangat membutuhkan media rambatan atau ajir di karenakan daun dan batang binahong ini akan menyebar mencari media yang bisa dirambati.

Pembuatan media rambatnya kita bisa menggunakan kayu dan tali untuk jadi rambatan atau mungkin pekarangan rumahmu memiliki pagar maka pagar ini bisa dijadikan sebagai media rambatan namun tetap memperhatikan keindahan rumah ya sahabat.

Penyiraman

Selanjutnya adalah proses penyiraman, proses penyiraman sangat penting untuk terus dilakukan secara teratur. Usahakan untuk menyiram sebanyak 5-7 kali dalam sehari. Nanti kita lihat pertumbuhannya ya sahabat.

Pemupukan

Lakukan pemupukan sesuai petunjuk pada kemasan masing-masing pupuk. Pasanglah tiang (penyangga) bisa dari kayu atau bamboo ketika binahong sudah tumbuh sekitar 15 – 23 cm.

Pasang tiang rambat tanaman dengan jarak sekitar 4 – 8 cm dari tanaman. Jika tanaman ada yang layu dan atau mati bisa diganti dengan tanaman yang baru.

Bersihkan juga dari rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman.
Jika tanah di sekitar tanaman tergerus sebaiknya dilakukan pengipukan atau menambahkan tanah disekitar pangkal batang tanaman.

Tidak hanya itu perawatan juga meliputi penyemprotan insektisida dan akarisida dan fungisida ketika diperlukan atau tanaman binahong (terserang hama atau pun jamur).

Masa panen

Untuk masa siap petik, Tanaman binahong sendiri dapat dilakukan kira-kira 160 – 190 hari setelah masa Tanam.

Jadi kurang lebihnya begitu ya sahabat tentang bagaimana cara menanam tanaman herbal Binahong merah .

Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat bagi sahabat-sahabat di luar sana. Aminn…
Salam Petani Kreatif…

Referensi :

Andrafarm

Leave a Comment