Cara Menanam Anggur dari Biji di Rumah Anda !

Anggur merupakan salah satu buah yang bisa ditanam di area sempit, seperti rumah minimalis. Pastikan saja Sobat tani semua tahu cara menanam anggur dengan biji yang tepat agar mereka bisa berkembang dengan baik! Kabar baik …

Cara Menanam Anggur Dari Biji

Anggur merupakan salah satu buah yang bisa ditanam di area sempit, seperti rumah minimalis. Pastikan saja Sobat tani semua tahu cara menanam anggur dengan biji yang tepat agar mereka bisa berkembang dengan baik!

Kabar baik untuk pecinta anggur! Sekarang Sobat tani tidak perlu ke supermarket untuk membeli buah anggur dan makan buah anggur, karena kita bisa menanamnya di rumah. Jangan khawatir, cara menanam anggur di rumah tidak serumit yang kita kira, lho !

Sederhana karena kita hanya bisa menanam anggur dari biji! Jadi, cara menanam buah anggur di akan jauh lebih mudah dan juga cocok untuk pemula.

Apakah sobat tani Tertarik untuk mencobanya? Simak artikel berikut ini dan lihat cara menanam anggur dari bijinya di bawah ini:

Bibit Anggur

Sebelum mulai menanam, pastikan Sobat tani sudah memiliki bibit anggur. Kita perlu memotong anggur dengan pisau dan kumpulkan biji di dalamnya. Jangan hanya memiliki satu atau dua biji saja, usahakan kumpulkan sebanyak mungkin biji anggur berukuran besar.

Rendam Biji Anggur

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan perendaman biji anggur. Sangat unik, namun cara ini bertujuan untuk mengetahui biji anggur mana yang berkualitas baik dan mana yang tidak.

Kita hanya perlu merendam biji anggur dan diamkan selama 24 jam. Biasanya, biji anggur berkualitas tinggi akan tenggelam saat direndam. Sebaliknya, biji anggur yang berkualitas buruk akan mengapung.

Potong ujung biji anggur

Setelah direndam, langkah selanjutnya dalam menanam anggur adalah membuang biji yang cekung dan mengeringkannya. Kemudian, cek kembali fisik biji anggur tersebut. Jika ujung biji anggur tajam dan keras, disarankan untuk menggunakan pisau atau gunting kuku untuk memotongnya.

Ingatlah untuk memastikan untuk memangkas hanya ujungnya. Karena jika kita memotong terlalu dalam, biji anggur akan membusuk.

Menyiapkan Bibit Anggur

Langkah selanjutnya siapkan biji anggur untuk berkecambah, masukkan biji anggur ke dalam wadah kecil, lalu tambahkan sedikit gambut.

Tutup wadah dengan rapat dan dinginkan pada suhu 1,6-4 derajat Celcius selama 2-3 bulan. Pastikan biji anggur tidak membeku, oke?

Penyemaian

Cara menanam anggur dari biji selanjutnya adalah dengan cara disemai. Siapkan pot tempayan berisi media tanam dengan campuran sekam. Jangan terlalu kencang, pisahkan biji anggur sekitar 1,5 inci.

Jangan lupa menyiram setiap malam. Dengan cara ini, tunas biji anggur akan muncul 3-8 minggu setelah disemai.

Pindah ke Wadah yang lebih besar

Disarankan untuk memindahkan anggur “tunas” ke dalam pot yang lebih besar ketika biji anggur telah tumbuh sekitar 8 cm. Beginilah cara buah anggur tumbuh optimal.

Tidak terasa, 1,5 bulan setelah tanam, tanaman merambat mulai menunjukkan sekitar 3-4 helai daun. Kemudian, pada umur 3 bulan, daun terus tumbuh hingga 15 helai dan tumbuh hingga ketinggian 50 cm.

Perawatan

Agar tanaman merambat tetap tumbuh subur, tentunya tidak lupa menyiram dan memupuknya secara rutin. Kemudian, pastikan buah anggur selalu terkena sinar matahari setiap 7-8 jam/hari agar bisa tumbuh subur dan tidak mudah terserang penyakit.

Waktu Panen Anggur

Sementara cara menanam anggur dari biji sederhana, kita harus bersabar dan menunggu sampai berbuah. Sebab, sejak buah anggur ditanam di tanah, dibutuhkan waktu sekitar 3-4 tahun untuk berbuah.

Untuk melakukan ini, pastikan untuk merawat buah anggur secara teratur untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Dengan cara ini, tanaman merambat bisa menghasilkan buah yang lebat, sehat dan segar.

Faktor penentu tingkat keberhasilan pemeliharaan anggur

Setelah mengetahui step by step cara sukses menanam buah anggur, ada faktor lain yang juga perlu diketahui orang tua. apa pun?

Suhu Udara

Anggur membutuhkan suhu udara antara 10 ° C dan 35 ° C untuk pertumbuhan dan pembuahan yang tepat.

Suhu tahunan di Indonesia  berkisar antara 25°C – 33°C. Artinya buah anggur cocok ditanam di Jakarta.

Kondisi Tanah

Tanaman merambat dapat beradaptasi dengan hampir semua kondisi tanah. Namun, tanaman dengan tubuh anyaman membutuhkan tanah yang gembur.

Tanah harus gembur, subur dan berdrainase baik (berpori).

Sinar Matahari

Tanaman merambat membutuhkan sekitar 7-8 jam sehari.

Kurangnya sinar matahari pada tanaman dapat membuat tanaman merambat rentan terhadap penyakit dan kemandulan.

Bagaimana Sobat tani, tertarik menanam anggur di rumah? Selamat berkebun dan panen! Sehingga sobat tani dapat memenuhi kebutuhan buah anda dirumah anda tanpa membeli.

Leave a Comment