Cara Budidaya Cacing Sutra , Pemula Wajib Coba

Halo sahabat tani, semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi agar dapat mempercepat pertumbuhan anak ikan dan salah satu makanan alami yang bergizi tinggi untuk anak atau burayak ikan ialah cacing …

Cara budidaya Cacing Sutra

Halo sahabat tani, semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi agar dapat mempercepat pertumbuhan anak ikan dan salah satu makanan alami yang bergizi tinggi untuk anak atau burayak ikan ialah cacing sutra.

Cacing Sutera adalah cacing yang termasuk dalam kelas oligochaet dengan ukuran 2-4 cm dan hidup di perairan transparan.
Lalu sahabat Bagaimana cara budidaya cacing sutra yang paling mudah terutama bagi kalian yang masih pemula yang penasaran temukan jawabannya dengan menyimak artikel ini sampai selesai.

Bibit cacing sutra

Untuk bibit cacing sutra sendiri bisa didapatkan dengan mudah. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli di toko ikan hias atau pasar hewan. Namun jika memiliki ladang atau sawah kamu juga bisa mencarinya di lumpur.

Namun jika kamu memilih untuk mengambil bibit nya secara langsung dari cacing sutra disarankan untuk mengambil bibit cacing yang berkualitas.

 

rak budidaya cacing sutra

Adapun langkah Jika ingin mendapatkan bibit cacing sutra secara langsung sebagai berikut:

Perhatikan terlebih dahulu cacing sutra akan kamu carikan bibit cacing sutra yang dijadikan bibit harus berkualitas dan memiliki daya tahan lama dengan ciri gumpalan cacing sutra menyerupai gumpalan rambut yang bergerak-gerak.

Kemudian pisahkan gumpalan tersebut dari gumpalan cacing sutra lainnya dan pindahkanlah ke dalam sebuah wadah yang telah diisi air bersih secukupnya.

Pemindahan cacing sutera ini bertujuan untuk mengkarantina agar terhindar dari berbagai macam bakteri ataupun kandungan logam yang terkandung dalam media berkembangnya bibit cacing sebelumnya.

Proses Karantina bibit ini dianjurkan selama kurang lebih dua hingga tiga hari. Selama proses Pemisahan, Usahakanlah agar wadah cacing sutera selalu dialiri oleh air bersih dengan volume air yang kecil dan tetap mengalir 24 jam.

Kamu juga harus memastikan bahwa kondisi air yang kamu alirkan memiliki tingkat kadar Oksigen yang cukup apabila kadar oksigen kurang kamu dapat memasang alat aerator untuk menambah oksigen dalam air.

BACA JUGA : CARA PIJAH IKAN CUPANG PASTI BERHASIL

Media budidaya

Perlu kamu ketahui ada dua macam media yang dapat kamu gunakan di antaranya yaitu media Lumpur dan media air biasa.

Jika sahabat ingin membudidayakan cacing sutra di lumpur maka disarankan untuk mencari lumpur dengan kondisi yang baik yaitu media lumpur yang tidak mengandung logam.

media cacing sutra

Namun jika kamu memilih menggunakan media air biasa berikut adalah langkah tepatnya, ini merupakan salah satu jenis budidaya cacing sutra tanpa lumpur sehingga kamu tidak perlu bersusah payah untuk mencari media lumpur dengan metode ini sahabat juga akan lebih hemat pertama sediakanlah nampan yang bersih dan cukup besar.

Sistem budidaya cacing sutra organik tanpa lumpur seperti di artikel ini ada banyak sekali keunggulannya.

Yang pertama yaitu ramah lingkungan dan tidak bau s juga panen lebih cepat hasil lebih bersih dan sangat mudah untuk dikembangkan.

Siapkan juga air yang bersih dalam budidaya cacing sutra air merupakan komponen terpenting yang harus kamu perhatikan dengan baik.

Usahakan juga Air selalu mengalir untuk memudahkan budidaya cacing sutra kamu dapat menggunakan nampan plastik yang disusun seperti sistem rak yang sudah disusun sehingga terlihat rapi.

Perawatan Cacing

Proses perawatan Sangat menentukan hasil dari budidaya cacing sutera dan perawatan yang tepat dan dilakukan dengan benar akan menghasilkan cacing sutera dengan kualitas yang baik.

Langkah pertama dalam perawatan cacing sutra adalah perhatikanlah selalu Debit air yang mengalir pada media budidaya.

Debit air didalam media budidaya usahakan pada kisaran 5 hingga 7 cm usahakan debit yang mengalir tidak lebih dan tidak kurang agar cacing dapat hidup dan berkembang biak dengan baik .

Dengan debit air yang baik untuk mengaliri media maka kondisi oksigen dalam air pun akan terjaga dan usahakan air tidak tercemar oleh bahan bahan kimia agar hasil panen kamu berkualitas mudah bukan sahabat.

BACA JUGA : CARA TENAK CACING TANAH UNTUK PAKAN IKAN

Makanan cacing sutra

Untuk makanan cacing sutra berbeda jika kamu memelihara ikan ataupun hewan peliharaan. Butuh bahan ataupun komponen khusus yang harus kamu berikan agar cacing sutra dapat ternutrisi dengan baik.

pakan cacing sutra

Maka dari itu, kamu harus menyediakan bahan-bahan organik dan akan lebih baik jika itu sudah difermentasikan.

Bahan organik yang di permentasi kan adalah bahan organik yang sudah memiliki tekstur yang lembek dan mudah hancur ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan nutrisi pada bahan organik yang sangat dibutuhkan oleh cacing sutra.

Sahabat juga bisa memberikan ampas tahu untuk makanan cacing sutra. Ampas tahu memiliki banyak sekali kandungan proteinnya serta jamur yang sangat baik untuk nutrisi cacing sutra.

Pastikan bahwa ampas tahu sudah difermentasikan dan memiliki tekstur yang lembek. Dapat juga menambah tepung ikan / Fengli yang mudah didapatkan di pasaran dan harganya juga lebih murah serta lebih praktis.

Panen Cacing Sutra

Waktu yang diperlukan untuk melakukan proses pemanenan cacing sutra dilakukan setelah budidaya berlangsung beberapa minggu dan berturut-turut.

panen cacing sutra

Bahkan panen bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Cara pemanenan cacing sutra dapat dilakukan dengan menggunakan serum tapi yang bahannya halus atau lembut.

Cacing sutra yang didapat dan masih bercampur dengan media budidaya dimasukkan ke dalam ember atau bak yang diisi air kira-kira 1 cm diatas media budidaya agar cacing sutra naik ke permukaan media budidaya.

Permasalahan dan Solusinya

Jentik Nyamuk

Dibeberapa kasus ditemukan jentik-jentik nyamuk di nampan budidaya, cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan menjaga agar nampan tetap teraliri air secara teratur sehingga membuat kadar oksigen di media budidaya tetap terjaga.

Nyamuk tidak akan senang berkembang biak di kondisi air yang cukup memiliki kandungan oksigen dan memiliki sirkulasi.

Lumut

Lumut dapat muncul di media budidaya jika medianya Terus terkena sinar matahari. Solusinya adalah melakukan budidaya di indoor atau tempat redup.

Namun jika budidaya terpaksa dilakukan di Outdoor sebaiknya memasang atap atau paranet 2 sampai 3 lapis di atas lahan budidaya.

Pakan Mengapung

Masalah yang sering ditemui berikutnya adalah ampas tahu yang biasa digunakan sebagai pakan cacing sutera mengapul di permukaan air.

Solusinya adalah dengan menghancurkan gumpalan pakan yang mengapung sehingga menjadi larut kembali kedalam media budidaya.

Bagaimana sahabat tertarik mencoba usaha satu ini, Prospeknya masih sangat bagus loh… Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah daftar referensi sobat semua ya.

Referensi:

Suksespedia

Leave a Comment